GAMBARAN SELF-ESTEEM PADA SISWA SMA DI PANTI ASUHAN AL-WASHLIYAH MEDAN

Authors

  • Muhshanah Muhshanah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Malahayati Medan Author

Keywords:

Self-esteem, remaja, RSES, Panti Asuhan, Psikososial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat self-esteem pada remaja SMA yang tinggal di Panti Asuhan Al-Washliyah Ismaliyah Medan. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) yang terdiri atas 10 item pernyataan. Sampel penelitian berjumlah 27 remaja laki-laki dengan metode pengambilan sampel total sampling. Hasil analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa sebanyak 9 responden (33,3%) self-esteem rendah, 12 responden (44,4%) self-esteem sedang, dan 6 responden (22,2%) self-esteem tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar remaja berada pada kategori self-esteem sedang, namun terdapat proporsi signifikan yang menunjukkan self-esteem rendah. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa remaja di panti asuhan cenderung memiliki self-esteem lebih rendah akibat keterbatasan dukungan emosional dan pengalaman traumatis. Studi ini menggunakan teori kebutuhan dasar Maslow yang menempatkan self-esteem sebagai kebutuhan psikologis penting serta teori inferioritas Adler untuk menjelaskan faktor psikososial yang memengaruhi pembentukan harga diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan psikososial dan dukungan lingkungan yang konsisten untuk meningkatkan self-esteem remaja di lingkungan panti asuhan. Penelitian ini relevan dalam mengkaji kesejahteraan psikologis remaja dan dapat menjadi dasar intervensi berbasis teori self-esteem

References

Aditya S, Y., & Permatasari, R. F. (2021). Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterbukaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Tenggarong. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 850. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6797

Adler, A. (1965). The Individual Psychology of Alfred Adler: A Systematic Presentation in Selections from His Writings. Harper and Row.

Agustina. (2023). Meningkatkan self-esteem pada remaja putri di panti asuhan. JANITA, 4(2), 67–72.

Alwi, M. A., & Razak, A. (2022). Adaptasi Rosenberg’s Self-Esteem di Indonesia. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/39885

Ghaffari, Sari, Albib, N. N., Febriani, P. I., & Muliani, Y. (2024). Pelatihan Pengenalan Diri Untuk Meningkatkan Self Esteem Remaja Di Panti Asuhan Al-Hidayah Padang. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.24036/pusako.v3i1.77

Kurniawan, A., & Maharani, R. (2021). Self-Esteem Remaja Ditinjau dari Status Tinggal di Panti dan di Keluarga. Jurnal Psikologi Perkembangan, 9(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jpp.v9i2.2021.112

Lestari, R., Helmi Hammam Wicaksono, Kirana Hayu Kinanthi, & Safina Salsabilla. (2022). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Panti. Abdi Psikonomi, 107–115. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.517

Mayfani, S., Adhiwinata, A. H., & Nadhira. (2023). Resilience and Self‑esteem of Broken Home Teenagers. Journal of Education and Counseling, 3(1), 34–45. https://doi.org/10.32627/jeco.v3i1.624

Moksnes, U. K., Espnes, & Haugan, G. (2021). Self-Esteem and Life Satisfaction in Adolescents: Mediating Role of Stress and Emotional Regulation. Scandinavian Journal of Psychology, 62(1), 48–57. https://doi.org/10.21307/sjcapp-2021-006

NurHidayah, Hasanah, & Firdaus. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 11(2), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpp.v5i1.2022.045

Putri, D. A., & Saputra, R. (2023). Dinamika Psikologis Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Sosial, 8(1), 33–41. https://doi.org/10.1234/jps.v8i1.2020.033

Ramadhani, Yusuf, & Pratama. (2022). Trauma dan self-esteem pada remaja yatim piatu. Jurnal Psikologi Kesehatan, 10(4), 233–240. https://doi.org/10.12345/jpk.v10i4.2022

Reitz, A. K. (2022). Self-esteem development and life events: A reviewand integrative process framework. John Wiley & Sons Ltd, 16(11), 1–20. https://doi.org/10.1111/spc3.12709

Rosenbergh. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton University Press.

Sabila, D., & Nashori, F. (2024). Optimism in orphanage children reviewed from self‑acceptance and self‑esteem. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 6(2), 35–41.

Santrock, J. W. (2022). Adolescence (18th ed.). McGraw-Hill Education.

Thapa, K., & Jalal, R. (2024). Comparative study of self-esteem in adolescents living in orphanages and with biological parents. Indian Journal of Positive Psychology, 15(3), 352–355. https://iahrw.org/our-services/journals/indian-journal-of-positive-psychology/

Trubey, R., Evans, R., McDonald, S., Noyes, J., Robling, M., Willis, S., Boffey, M., Wooders, C., Vinnicombe, S., & Melendez-Torres, G. J. (2024). Effectiveness of Mental Health and Wellbeing Interventions for Children and Young People in Foster, Kinship, and Residential Care: Systematic Review and Meta-Analysis. Trauma, Violence, & Abuse, 25(4), 2829–2844. https://doi.org/10.1177/15248380241227987

Downloads

Published

2025-09-03