Gambaran Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mata di Lingkungan Pelajar Sekolah Menengah Pertama Al-Razi Sinar Harapan Medan

Authors

  • Andhara Tisya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Putra Apriadi Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Author
  • Dita Sajidah Poerwansyah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Author
  • Diva Keysha Silalahi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Author
  • Ikrima Fauziah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan Author
  • Muhammad Rezebri Universitas Prima Indonesia, Medan Author
  • Boy Shandy Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Author

Keywords:

Gadget, Kesehatan Mata, Pelajar SMP, Ketegangan Mata, Mata Kering

Abstract

Penggunaan gadget di kalangan pelajar semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital, terutama dalam aktivitas akademik dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola penggunaan gadget serta dampaknya terhadap kesehatan mata di kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Razi Sinar Harapan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif analitik. Sampel penelitian terdiri dari 100 siswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup informasi tentang durasi penggunaan gadget, gejala kesehatan mata, dan kebiasaan dalam menjaga kesehatan mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% responden menggunakan gadget lebih dari enam jam per hari, dan sebagian besar tidak menerapkan praktik penggunaan yang sehat, seperti menjaga jarak pandang atau menggunakan mode gelap. Dampak negatif yang paling banyak dilaporkan adalah ketegangan mata (39% kadang-kadang dan 11% sering), mata kering (27% kadang-kadang dan 3% sering), serta sakit kepala (36% kadang-kadang dan 15% sering). Selain itu, sebanyak 57% responden tidak pernah menggunakan kacamata anti-radiasi, dan 75% tidak pernah berkonsultasi ke dokter meskipun mengalami gejala gangguan penglihatan. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan tanpa pengelolaan yang baik dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata di kalangan pelajar. Oleh karena itu, diperlukan edukasi lebih lanjut mengenai pentingnya manajemen waktu penggunaan gadget, penerapan metode istirahat 20-20-20, serta kesadaran untuk berkonsultasi dengan tenaga medis guna mencegah dampak jangka panjang terhadap kesehatan mata.

References

Amit Mohan, P. S. (2020). Prevalence and risk factor assessment of digital eye strain among children using online elearning during the COVID19 pandemic: Digital eye strain among kids (DESK study1). Indian Journal of Ophthalmology .

Amy L Sheppard, J. S. (2018). Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration. BMJ Open Ophthalmology.

Chairiah, S. B. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Gejala Sindrom Mata kering pada Mahasiswa Psikologi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika.

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Ahmad, A., Naufal, A. M. F., & others. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725–9734.

Esya Anesty Mashudi, S. M. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN MATA DAN POSTUR TUBUH PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Gita Nurhikma, D. L. (2022). Pengaruh Pemberian Metode 20-20-20 terhadap Penurunan Gejala Computer Vision Syndrome (CVS). Faletehan Health Journal.

Gita Nurhikma, D. L. (2022). Pengaruh Pemberian Metode 20-20-20 terhadap Penurunan Gejala Computer Vision Syndrome (CVS). Faletehan Health Journal.

Jannah, J. R., & Rohaya, S. (2022). Sindrom Mata Kering. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 8(2), 77. https://doi.org/10.29103/averrous.v8i2.89 15

Layyinatus Syifa, E. S. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Lubis, F. H., Sembiring, B. M., Manulang, H. F., Bukit, H., & others. (2022). Penyuluhan Tentang Pentingnya Penerapan Intervensi Trik 20-20-20 Dalam Pencegahan Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 2(3), 27–32.

Mulita Hn. Skripsi. Pengaruh Jarak Dan Durasi Penggunaan Smartphone Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Muhammadiyah Palembang. 2020.

Setyowati, D. R., & others. (2020). Literatur Review Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Kewaspadaan Penurunan Ketajaman Penglihatan Akibat Penggunaan Gadget Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Thesa Yurika, N. N. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dengan kejadian mata lelah pada siswa SMA selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala.

Venada Nasyahtadila, E. D. (2022). Jarak, Durasi, dan Keluhan Kelelahan Mata dalam Penggunaan Gadget Civitas Civitas Akademika STIKes Dharma Husada Bandung Tahun 2020. JURNAL SEHAT MASADA.

Downloads

Published

2025-01-18